RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Kimia
Kelas
/ Semester : XI / 2
Pertemuan
ke : 1
Alokasi
Waktu : 20 menit
A. STANDAR KOMPETENSI
Menjelaskan
sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
B. KOMPETENSI DASAR
Mengelompokkan sifat-sifat
koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
C. INDIKATOR
· Membedakan suspensi kasar, larutan
sejati dan koloid dengan penyaringan
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Siswa
dapat membedakan suspensi kasar, larutan sejati dan koloid dengan penyaringan.
E. URAIAN MATERI
1. Salah
satu cara membedakan suspensi kasar, larutan sejati dan koloid adalah dengan
cara penyaringan.
2.
Perbandingan
sifat larutan sejati. Koloid dan suspensi kasar adalah sebagai berikut :
Larutan (Dispersi molekuler)
Contoh : larutan gula dalam air
|
Koloid (Dispersi koloid)
Contoh : larutan gula dalam air
|
Suspensi (Dispersi kasar)
Contoh : campuran tepung
terigu dengan air
|
1. Homogen, tak dapat
dibedakan walaupun
dengan mikroskop
ultra
|
1.
secara mikroskopis
bersifat homogen tetapi
heterogen jika diamati
mikroskop ultra
|
1. Heterogen
|
2. Semua partikelnya
berdimensi (panjang,
lebar, atau tebal)
kurang dari 1 nm
|
2. Partikelnya berdimensi
antara satu 1 nm sampai
100 nm
|
3. Salah satu atau
semua dimensi
partikelnya lebih
besar dari 100 nm
|
3.
Satu fase
|
3.
Dua fase
|
3.
Dua fase
|
4.
Stabil
|
4.
Pada umumnya stabil
|
4.
Tidak stabil
|
5.
Tidak dapat disaring
|
5. Tidak dapat disaring
kecuali dengan
penyaring ultra
|
5.
Dapat disaring
|
F. METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Ketrampilan proses
2. Metode : Praktikum/ percobaan
G. MEDIA PEMBELAJARAN
1. Alat-
alat dan bahan yang ada dilaboratorium.
2. LKS
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Membuka
pelajaran
·
Salam, mengkondisikan kelas / siswa
·
Presensi siswa
·
Apersepsi
prasarat : Mengingatkan kembali
tentang
campuran, dalam proses pengolahan atau
penjernihan air
sering didapatkan pengotor berupa
koloid .
Masalah
·
Bagaimana membedakan suspensi kasar, koloid dan larutan sejati ?
·
Bagaimana agar koloid dapat disaring dengan kertas saring biasa ?
|
3 menit
|
2
|
Kegiatan
Inti
·
Menyiapkan alat dan bahan
·
Membagi siswa menjadi dua kelompok
·
Membagikan LKS
·
Menjelaskan prosedur kerja
·
Melakukan percobaan
·
Menjawab pertanyaan LKS dengan berdiskusi
|
12 menit
|
3
|
Penutup
·
Menanyakan kepada siswa kesimpulan yang
didapat dari
percobaan.
·
Memberi tugas untuk dikerjakan di rumah
|
5 menit
|
I. ALAT
/ BAHAN YANG DIGUNAKAN
1. Alat – alat : Gelas piala ( gelas plstik ), corong,
pengaduk.
Bahan : Kertas saring, susu bubuk, gula pasir, air.
2. Buku Kimia SMA Kelas
XI Semester 2 penerbit Erlangga, Yudistira dan Grafindo.
J. PENILAIAN
Teknik
penilaian
a. Tes : Tes
tertulis ( kognitif )
b. Non tes : Penilaian skala partisipasi siswa dalam
mengikuti pembelajaran
K. LAMPIRAN
1. LKS
2. Penilaian
Psikomotor
3. Skala
lanjutan partisipasi peserta didik dalam mata pelajaran
4. Daftar
cek presentasi siswa
5. Soal
evaluasi
LEMBAR KERJA SISWA
I. Tujuan
Dapat membedakan sifat-sifat Larutan
sejati, koloid dan suspensi kasar.
II. Alat – alat
Gelas
piala ( gelas plastik ), corong plastik, pengaduk, sendok plastik
III. Bahan
Kertas saring, gula, susu bubuk instan, pasir, air.
IV. Langkah kerja
1.
Sediakan
tiga buah gelas plastik beri tanda A, B, dan C, isi masing-masing dengan air sebanyak 100 ml.
a.
Masukkan
ke dalam gelas A satu sendok gula pasir
b.
Masukkan
ke dalam gelas B satu sendok susu
c.
Masukkan
ke dalam gelas C satu sendok pasir
2.
Aduk masing-masing campuran diatas
3. Amati
ketiga jenis campuran diatas, amati apa yang terjadi dan catat pada tabel
pengamatan.
4.
Setelah diamati aduk kembali campuran
tersebut, dan lakukan penyaringan untuk
ketiga campuran diatas dengan menggunakan
kertas saring.
5.
Amati apa yang terjadi pada penyaringan .
TABEL
HASIL PENGAMATAN
Campuran diaduk dan didiamkan 1 menit, catat
pengamatan dalam tabel pengamatan
Campuran
------------
Pengamatan
|
A
|
B
|
C
|
|
Sebelum Penyaringan
|
Warna campuran
|
|
|
|
Terpisah
|
|
|
|
|
Tidak terpisah / sedikit
terpisah
|
|
|
|
|
Setelah Penyaringan
|
Terpisah
|
|
|
|
Tidak terpisah
|
|
|
|
Soal
1. Data apa yang didapat dari campuran
A ?
2. Data apa yang didapat dari campuran
B ?
3. Data apa yang didapat dari campuran
C ?
4. Kesimpulan apa yang dapat diperoleh
dari percobaan tersebut ?
LAMPIRAN
PENILAIAN PSIKOMOTOR
No
|
Aspek-aspek yang
diamati
|
Skala Nilai
|
Skor
|
||||
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Ketrampilan menyiapkan alat dan bahan
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Ketrampilan melakukan praktek
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ketelitian melakukan pengamatan
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Ketepatan keakuratan data
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Ketepan waktu mengumpulkan hasil kerja
|
|
|
|
|
|
|
Skor Total
Rerata Skor :
Observer,
Saran :
( .......................... )
|
LAMPIRAN
SKALA LAJUAN
PARTISIPASI PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN
No
|
Pernyataan / Indikator
|
Sangat Tinggi
|
Tinggi
|
Sedang
|
Rendah
|
Sangat
Rendah
|
∑
|
1
2
3
4
5
6
|
Permasalahan yang dibahas
terumuskan dengan jelas
ada relevansi
uraian dengan permasalahan yang dibahas
uraian luas dan mendalam
uraian jelas dan tidak salah Konsep
uraian disampaikan dengan
lancar
argumentasi logis dan kuat
|
|
|
|
|
|
|
LAMPIRAN
DAFTAR CEK PRESENTASI
SISWA
No
|
Nama
|
Kerjasama
|
Aktifitas
|
Antusiasme
|
Kedisiplinan
|
Skor Rata-rata
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
SOAL
EVALUASI
1. Berikut
adalah campuran yang dapat dipisahkan dengan cara penyaringan dengan kertas
saring biasa.
a. larutan
gula c. larutan sejati
b. larutan
garam d. suspensi
2. Ciri-ciri larutan sejati adalah …….
a. satu fase c. tiga fase
b. dua fase d. dapat disaring
3. Ciri-ciri koloid adalah …. …. ….
a. tidak
dapat disaring dengan kertas saring biasa
b. dapat
disaring dengan kertas saring biasa
c. larutan
jernih
d. ada
endapan
4. Sistem dibawah ini yang bukan merupakan
system koloid adalah …. …. ….
a. santan c. larutan gula
b. larutan
kanji d. susu
5. Koloid biasa ditemukan dalam pengolahan
air berupa …. …. ….
a. lumpur c. zat padat
b. mikroba d. sampah
KUNCI JAWABAN
1. D Suspensi
2. A satu
fase
3. C larutan
jernih
4. C larutan
gula
5. A lumpur
Skor
= 5
Penilaian = 5 x
2 = 10
Guru Pengampu
Dra. Endang DK
1962 0922 200012 2001